Apple Ubah Siklus Peluncuran iPhone! Jadi 2 Kali dalam Setahun

Mulai 2026, iPhone Bakal Rilis Dua Kali dalam Setahun!

foto: iphone

tautekno.id – Kabar cukup mengejutkan datang dari Apple. Menurut laporan The Information pada Engadget, perusahaan asal Cupertino ini dikabarkan sedang mempertimbangkan perubaha siklus peluncuran iPhone. Diperkirakan mulai tahun 2026, strategi perilisan Apple berubah menjadi dua kali dalam setahun.

Dimulai dengan Seri iPhone 18

Sumber anonim dari rantai pasok Apple mengungkapkan bahwa perubahan siklus peluncuran ini akan dimulai oleh seri iPhone 18. Menurut informasi yang beredar, model iPhone 18 Pro dan kemungkinan iPhone lipat, akan debut di musim gugur. Sementara itu, model iPhone standar dijadwalkan hadir pada musim semi tahun berikutnya.

Jika skenario ini terealisasi, para penggemar Apple dapat menantikan kehadiran iPhone 18 Pro, iPhone 18 Pro Max, dan potensi iPhone lipat sekitar bulan September 2026. Selanjutnya, model iPhone 18 reguler, iPhone 18 Slim, dan iPhone 18e diperkirakan menyusul pada musim semi 2027 atau sekitar bulan Maret.

Langkah ini menandai perubahan yang cukup fundamental dari tradisi Apple. Diketahui Apple sudah lebih dari satu dekade, konsisten melakukan strategi peluncuran 1 kali dalam setahun untuk jajaran iPhone terbarunya. Di mana peluncuran tersebut dilakukan secara serentak di bulan September atau Oktober.

Kendati demikian, sinyal perubahan sebenarnya telah tampak dengan diperkenalkannya lini iPhone SE. Lini smartphone ini bisanya dirilis terpisah pada bulan Maret atau April. Bahkan, pada awal tahun 2025, Apple meluncurkan iPhone 16e pada bulan Februari, yang diposisikan sebagai pengganti seri SE.

foto: iphone
foto: iphone

Prediksi Peluncuran iPhone 17

Untuk tahun ini, Apple diprediksi masih akan mengikuti pola lama. Artinya perusahaan ini bakal merilis empat model iPhone 17 di bulan September mendatang. Namun, jika strategi baru ini benar-benar diimplementasikan mulai tahun 2026, para konsumen akan memiliki dua momen penting dalam setahun.

Perubahan strategi ini diyakini sebagai langkah Apple untuk memberikan ruang bagi produk barunya, terutama iPhone lipat agar bisa meriah konsumen yang lebih besar. Selain itu, dengan jadwal peluncuran yang terbagi, Apple diharapkan lebih leluasa memperkenalkan inovasi dan menjaga momentum penjualan produknya sepanjang tahun.

(amd)

Exit mobile version