tautekno.id – Apple dikabarkan tengah bersiap untuk memperkenalkan dua varian baru AirPods, yang akan melengkapi jajaran produk unggulannya. Kabarnya dua perangkat tersebut akan hadir bersama dengan seri iPhone 16. Bocoran ini datang dari analis ternama Bloomberg, Mark Gurman, yang menyebutkan bahwa peluncuran besar-besaran akan berlangsung pada bulan September 2024.
Selain AirPods baru, acara peluncuran tersebut juga kemungkinan akan menjadi panggung bagi debutnya Apple Watch Series 10, Apple Watch SE 3, dan Apple Watch Ultra 3. Dengan kata lain, para penggemar Apple akan dimanjakan dengan beragam pilihan perangkat terbaru yang siap memenuhi kebutuhan gaya hidup digital mereka.
Segmen Pasar
Gurman mengungkapkan bahwa AirPods akan meluncur dalam dua varian baru yang menyasar segmen pasar berbeda. Varian pertama akan menjadi pilihan bagi konsumen yang menginginkan AirPods dengan harga lebih terjangkau dan fitur-fitur standar. Sementara itu, varian kedua akan menawarkan pengalaman mendengarkan yang lebih premium dengan dukungan fitur peredam bising aktif (Active Noise Cancellation/ANC).
Sebagai pengingat generasi kedua perangkat ini meluncur di tahun 2019. Sementara generasi ketiganya rilis pada tahun 2021, dan segera tergantikan dengan kehadiran AirPods terbaru di tahun ini.
Fitur Lain
Meskipun memiliki perbedaan utama pada fitur ANC, kedua varian perangkat ini kemungkinan akan mengusung desain yang serupa. Jika informasi ini benar, maka ini akan menjadi kali pertama Apple meluncurkan AirPods non-Pro dengan fitur peredam bising aktif.
Selain itu, ada kemungkinan besar bahwa perangkat baru ini akan memakai port USB-C untuk pengisian daya. Langkah ini sejalan dengan komitmen Apple untuk mengadopsi USB-C sebagai standar pengisian daya pada perangkat-perangkatnya, seperti yang telah ada pada iPhone 15 dan beberapa seri iPad.
Merajai Pasar TWS
Popularitas AirPods sebagai perangkat TWS (True Wireless Stereo) memang tidak perlu kita ragukan lagi. Data dari Canalys menunjukkan bahwa perangkat ini masih menjadi pemimpin pasar dengan pangsa pasar sebesar 24%.
Popularitasnya jauh lebih baik ketimbang pesaing terdekatnya seperti Samsung dan Xiaomi. Meskipun begitu, divisi Wearable, Home, and Accessories Apple mengungkapkan bahwa TWS ini mengalami sedikit penurunan pendapatan sebesar 2,2% pada kuartal kedua tahun ini.
Dengan peluncuran perangkat ini, Apple berharap dapat mempertahankan dominasinya di pasar TWS, sekaligus merangsang pertumbuhan pendapatan di segmen ini. Kita tunggu saja kejutan apa lagi yang akan Apple hadirkan pada acara peluncurannya mendatang.
(amd)